Lembar Kerja I
(Dalam Pembelajaran Daring)
GERAK LURUS
Memahami IPA melalui Thinking
Empowerement by Questioning (PBMP) dengan Mengembangkan Kemampuan Science Literacy
Sediakan
Perhatikan gambar berikut untuk memudahkan
memahami istilah gerak dalam IPA-Fisika
Benda yang bergerak pada suatu lintasan yang lurus, melibatkan waktu, jarak, dan kecepatan. Bagaimana hubungan antara jarak dengan waktu? Bagaimana hubungan antara kecepatan dengan waktu? Untuk mengetahuinya, ayo lakukan kegiatan berikut!
Lakukan
Saya yakin kalian pernah mendengar informasi, misalkan: Sepeda kayuh itu
meluncur dengan kecepatan 30 km/jam. Jadi dalam waktu satu jam berapa
perpindahan yang ditempuh sepeda kayuh? ( … Jawab sebagai no.1). Dalam waktu setengah
jam berapa perpindahan yang bisa ditempuh? ( … Jawab sebagai no.2). Dalam waktu
satu menit berapa perindahan yang sepeda kayuh tempuh? ( … Jawab sebagai no.3)
Hasil pengamatan
Berdasarkan kejadian di
atas, atau pencarian di Buku Siswa IPA kelas 8 halaman 6, tulis rumus hubungan
jarak, waktu dengan kecepatan. ( … Jawab sebagai no.4). Dari halaman 8 tulis
rumus hubungan kecepatan, waktu dengan percepatan ( … Jawab sebagai no.5)
Renungkan
Di Buku Siswa halaman 7 kalian diajak belajar
menganalisis masalah.
Disajikan table 1.1 Waktu dan Perpindahan
dari pergerakan sebuah sepeda kayuh
Waktu (jam)
|
Perpindahan (km)
|
Kecepatan (km/jam)
|
0
|
0
|
|
1
|
2
|
|
2
|
4
|
|
3
|
6
|
|
4
|
8
|
|
5
|
10
|
Berdasarkan table di atas,
berapa perpindahan yang dilakukan sepeda kayuh pada durasi jam ke dua? ( …
Jawab sebagai no.6) menggunakan rumus yang ada pada halaman 7, berapa kecepatan
gerak sepeda kayuh pada durasi jam ke 3? ( … Jawab sebagai no.7)
Pikirkan
Coba Table di atas kalian gambarkan dalam diagram
kartesius di bawah ini.
Jika tiap sudut pertemuan garis dihubungkan
dengan suatu garis, menurut kalian bagaimana bentuk perubahan kecepatan yang
dilakukan sepeda kayuh? ( … Jawab sebagai no.9)
Evaluasi melalui Science Literacy
Stimulus
Pertanyaan 1
Berdasarkan table di atas tentukan benar atau
salah pernyataan-pernyataan pada table di bawah.
No
|
Pernyataan
|
Benar (B)/salah
(S)
|
1
|
Setiap detiknya mobil berubah kecepatan – 4
m/s
|
( … Jawab sebagai no.10)
|
2
|
Kecepatan mobil mengalami penurunan sebesar
4 m/s
|
( … Jawab sebagai no.11)
|
3
|
Pada detik kelima kecepatan mobil 4 m/s
|
( … Jawab sebagai no.12)
|
4
|
Mobil mengalami perlambatan 4 m/s
|
( … Jawab sebagai no.13)
|
Arahan
- Kegiatan ini idealnya
sambil buka Buku Siswa IPA kelas 8 semester satu. Bisa dibuka melalui
internet bisa juga pinjam di perpustakaan SMPN 3 Probolinggo.
- Kalian bisa minta
tolong atau diskusi dengan anggota keluargamu. Ayah, ibu, kakak atau
temanmu yang main ke rumah.
- Ingat tetap pakai
masker, sering cuci tangan dan jaga jarak.
God Bless You
Tidak ada komentar:
Posting Komentar