Selasa, 14 Juli 2020

Gerak Lurus




Lembar Kerja I
 (Dalam Pembelajaran Daring)
GERAK LURUS

Memahami IPA melalui Thinking Empowerement by Questioning (PBMP) dengan Mengembangkan Kemampuan Science Literacy

Sediakan
Perhatikan gambar berikut untuk memudahkan memahami istilah gerak dalam IPA-Fisika














Benda yang bergerak pada suatu lintasan yang lurus, melibatkan waktu, jarak, dan kecepatan. Bagaimana hubungan antara jarak dengan waktu? Bagaimana hubungan antara kecepatan dengan waktu? Untuk mengetahuinya, ayo lakukan kegiatan berikut!

Lakukan
Saya yakin kalian pernah mendengar informasi, misalkan: Sepeda kayuh itu meluncur dengan kecepatan 30 km/jam. Jadi dalam waktu satu jam berapa perpindahan yang ditempuh sepeda kayuh? ( … Jawab sebagai no.1). Dalam waktu setengah jam berapa perpindahan yang bisa ditempuh? ( … Jawab sebagai no.2). Dalam waktu satu menit berapa perindahan yang sepeda kayuh tempuh? ( … Jawab sebagai no.3)

Hasil pengamatan
Berdasarkan kejadian di atas, atau pencarian di Buku Siswa IPA kelas 8 halaman 6, tulis rumus hubungan jarak, waktu dengan kecepatan. ( … Jawab sebagai no.4). Dari halaman 8 tulis rumus hubungan kecepatan, waktu dengan percepatan ( … Jawab sebagai no.5)
Renungkan
Di Buku Siswa halaman 7 kalian diajak belajar menganalisis masalah.

Disajikan table 1.1 Waktu dan Perpindahan dari pergerakan sebuah sepeda kayuh
Waktu (jam)
Perpindahan (km)
Kecepatan (km/jam)
0
0

1
2

2
4

3
6

4
8

5
10


Berdasarkan table di atas, berapa perpindahan yang dilakukan sepeda kayuh pada durasi jam ke dua? ( … Jawab sebagai no.6) menggunakan rumus yang ada pada halaman 7, berapa kecepatan gerak sepeda kayuh pada durasi jam ke 3? ( … Jawab sebagai no.7)

Pikirkan
Coba Table di atas kalian gambarkan dalam diagram kartesius di bawah ini.
( … Jawab sebagai no.8)

Jika tiap sudut pertemuan garis dihubungkan dengan suatu garis, menurut kalian bagaimana bentuk perubahan kecepatan yang dilakukan sepeda kayuh? ( … Jawab sebagai no.9)

Evaluasi melalui Science Literacy
Stimulus
Dari Buku Siswa halaman 8 didapat permasalahan sebagai berikut.











Pertanyaan 1
Berdasarkan table di atas tentukan benar atau salah pernyataan-pernyataan pada table di bawah.
No
Pernyataan
Benar (B)/salah (S)
1
Setiap detiknya mobil berubah kecepatan – 4 m/s
( … Jawab sebagai no.10)
2
Kecepatan mobil mengalami penurunan sebesar 4 m/s
( … Jawab sebagai no.11)
3
Pada detik kelima kecepatan mobil 4 m/s
( … Jawab sebagai no.12)
4
Mobil mengalami perlambatan 4 m/s
( … Jawab sebagai no.13)









Arahan
  1. Kegiatan ini idealnya sambil buka Buku Siswa IPA kelas 8 semester satu. Bisa dibuka melalui internet bisa juga pinjam di perpustakaan SMPN 3 Probolinggo.
  2. Kalian bisa minta tolong atau diskusi dengan anggota keluargamu. Ayah, ibu, kakak atau temanmu yang main ke rumah.
  3. Ingat tetap pakai masker, sering cuci tangan dan jaga jarak.


God Bless You

Tidak ada komentar:

Posting Komentar