Lembar Kerja I
(Dalam Pembelajaran Daring)
GERAK
Memahami IPA melalui Thinking
Empowerement by Questioning (PBMP) dengan Mengembangkan Kemampuan Science Literacy
Sediakan
Perhatikan gambar berikut untuk memudahkan
memahami istilah gerak dalam IPA-Fisika
Lakukan
Mengamati papan catur dengan bidaknya
- Raja Putih berjarak satu langkah dengan Kuda Putih. Jika Raja Putih
mundur selangkah ke wilayahnya, sedangkan Kuda Putih diam. Apakah Raja
Putih dan Kuda Putih makin berjarak? ( … Jawab sebagai no.1). Apakah Raja Putih telah bergerak terhadap Kuda Putih? ( … Jawab sebagai
no.2)
- Raja Putih berjarak satu langkah dengan Kuda Putih. Jika Raja Putih
dipindahkan pemain mundur selangkah ke wilayahnya tapi tidak jadi,
sehingga dikembalikan ke tempat semula. Apakah Raja Putih dan Kuda Putih
makin berjarak? ( … Jawab sebagai no. 3). Apakah Raja
Putih telah bergerak terhadap Kuda Putih? ( … Jawab sebagai no.4)
- Seorang penonton mengamati permainan sambil mengantuk. Penonton
melihat Raja Putih berjarak satu langkah terhadap Kuda Putih. Ketika mata
penonton terpejam, Raja Putih dipindahkan pemain mundur selangkah ke
wilayahnya tapi tidak jadi, sehingga kembali ke tempat semula, disaat mata
penonton terbuka, apakah Raja Putih dan Kuda Putih makin berjarak? ( … Jawab sebagai no.
5). Apakah Raja Putih telah bergerak terhadap Kuda
Putih? ( … Jawab sebagai
no.6)
Hasil pengamatan
Berdasarkan kejadian di atas, kesimpulan awal
kalian mengenai pengertian gerak adalah … (Jawab sebagai no.7)
Renungkan
- Rendi membawa tas
punggung dari kelas ke ruang guru. Sesampai di ruang guru, apakah tas
punggung bergerak terhadap kelas? ( … Jawab sebagai no.8). Apakah tas
punggung bergerak terhadap Rendi? ( … Jawab sebagai no.9)
- Apakah tas punggung
melakukan gerak? ( … Jawab sebagai no.10)
- Berdasarkan kejadian
tersebut, kesimpulan kalian mengenai pengertian gerak adalah … ( … Jawab sebagai no.11)
Pikirkan
Berapa jarak dari
rumah ke Pasar Wadungsri? ( … Jawab sebagai no.12)
- Berapa perpindahan
yang dilakukan untuk bergerak dari rumah ke Pasar Wadungsri? ( … Jawab
sebagai no.13)
- Berapa jarak dari
Pasar Wadungsri ke lokasi sekolah? ( … Jawab sebagai no.14)
- Berapa perpindahan
yang dilakukan untuk bergerak dari Pasar Wadungsri ke lokasi sekolah? ( …
Jawab sebagai no.15)
- Berapa jarak dari
rumah ke lokasi sekolah? ( … Jawab sebagai no.16)
- Berapa perpindahan
dari rumah ke lokasi sekolah? ( … Jawab sebagai no.17)
Evaluasi melalui Science Literacy
Stimulus
Kerja dalam IPA
Seorang siswa
mendorong meja dari center kelas sampai tembok kelas.
Pertanyaan
Tentukan pernyataan yang benar atau salah dalam table
berikut
No
|
Pernyataan
|
Benar (B) / Salah (S)
|
1
|
Siswa
melakukan gerak terhadap papan tulis
|
( … Jawab sebagai no.18)
|
2
|
Siswa
melakukan gerak terhadap meja
|
( … Jawab sebagai no.19)
|
3
|
Siswa
melakukan gerak terhadap tembok
|
( … Jawab sebagai no.20)
|
4
|
Siswa
mendorong atau menarik meja tetap bergerak terhadap meja
|
( … Jawab sebagai no.21)
|
Arahan
- Kegiatan ini idealnya
sambil buka Buku Siswa IPA kelas 8 semester satu. Bisa dibuka melalui
internet bisa juga pinjam perpustakaan SMPN 3 Probolinggo.
- Kalian bisa minta
tolong atau diskusi dengan anggota keluargamu. Ayah, ibu, kakak atau
temanmu yang main ke rumah.
- Ingat tetap pakai
masker, sering cuci tangan dan jaga jarak.
God Bless You
Tidak ada komentar:
Posting Komentar