DINAS
PENDIDIKAN, PEMUDA DAN
OLAH RAGA
SEKOLAH MENENGAH NEGERI 3
Jalan Hayam
Wuruk No. 155 Telp./ Fax. ( 0335
) 422151
P R O B O L I N G G O -
Kode Pos 67217
Lembar Kerja I
(dalam Pembelajaran Daring)
OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA
Memahami IPA melalui Thinking
Empowerement by Questioning (PBMP) dengan Mengembangkan Kemampuan Science Literacy
Sediakan
Perhatikan gambar berikut untuk memudahkan
pengamatan diri sendiri. Lakukan di depan cermin
Lakukan
Mengamati diri sendiri
1. Lakukan
pengamatan menggunakan cermin! Amati sebanyak
mungkin ciri-cirimu yang bisa
diamati!
3. Tuliskan hasil
pengamatanmu.
Ingat,
hanya hasil pengamatan, bukan tafsiran terhadap pengamatan!
Hasil pengamatan
Tulis minimal lima item hasil pengamatanmu (
… Jawab sebagai no.1)
Renungkan
- Tulis hasil pengamatan
yang bisa diukur dengan alat ukur ( … Jawab sebagai No. 2)
- Tulis hasil pengamatan
yang tidak bisa diukur dengan alat ukur ( … Jawab sebagai No. 3)
- Apakah
ada yang bisa memengaruhi
hasil pengamatan tersebut? ( … Jawab sebagai No. 4)
Pikirkan
- Pada pengukuran
menggunakan penggaris ada dua satuan pada semua alat tersebut, satuan apa
yang kalian gunakan? ( … Jawab sebagai no.5)
- Beri alasan mengapa
kamu menggunakan satuan tersebut. ( … Jawab sebagai no.6)
- Tulis lima alat ukur
dan satuannya yang pernah kalian kenal di masa Sekolah Dasar ( … Jawab
sebagai no.7)
Evaluasi melalui Science
Literacy
Stimulus
Kerja dalam IPA
- Potong
kertas kertas tisu dengan ukuran 4 cm x 12 cm!
- Gambarkan atau beri garis dengan spidol (atau pena) hitam 2 cm dari ujung bawah kertas tisu tersebut!
- Ambil
gelas bekas air mineral, isi dengan air setinggi 1 cm!
- Celupkan kertas tissue ke dalam air. Permukaan air 1 cm di bawah
garis spidol
- Amati selama 10 menit
- Catat
hasil pengamatanmu ( … Jawab sebagai no.8)
Pertanyaan
- Sebelum melakukan kegiatan, buatlah prediksi: apa yang akan
terjadi pada garis hitam tersebut, setelah kertas tisu dicelupkan beberapa
saat ke dalam air? ( … Jawab sebagai no.9)
- Jika
prediksimu berbeda dengan kenyataannya, apakah akan diubah sesuai hasil
pengamatanmu? Mengapa? ( … Jawab sebagai no.10)
Evaluasi melalui Science Literacy
Stimulus
Kerja dalam IPA
Siapkan
kertas berpetak atau kertas milimeter, penjepit, dan pensil.
- Perhatikan
gambar di atas.
- Pikirkan bagaimana cara menentukan luas daun.
- Dengan
menggunakan benda-benda di atas, terapkan metodemu untuk menentukan luas
daun.
Pertanyaan
- Dapatkah
luas sehelai daun diukur? ( … Jawab sebagai
no.11)
- Tunjukkan/jelaskan cara yang kamu pilih untuk mengukur luas sehelai daun ( … Jawab sebagai
no.12)
- Apa
kelemahan pengukuran luas daun dengan cara di atas. ( … Jawab sebagai no.13)
- Temukan cara lain atau hal-hal yang dapat dilakukan untuk
memperbaiki metode pengukuran di atas? ( … Jawab sebagai no.14)
Arahan
- Kegiatan ini idealnya
sambil buka Buku siswa IPA kelas 7 semester satu. Bisa dibuka melalui
internet bisa juga pinjam perpustakaan SMPN 3 Probolinggo.
- Kalian bias minto
tolong atau diskusi dengan anggota keuargamu. Ayah, ibu, kakak atau
temanmu yang main ke rumah.
- Ingat tetap pakai
masker, sering cuci tangan dan jaga jarak.
God Bless You
Tidak ada komentar:
Posting Komentar