Minggu, 12 Juli 2020

Science Object and The observation

PEMERINTAH KOTA PROBOLINGGO
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA
SEKOLAH MENENGAH NEGERI 3
Jalan  Hayam  Wuruk No. 155  Telp./ Fax. ( 0335 ) 422151
P R O B O L I N G G O    -    Kode Pos 67217
 

Lembar Kerja I
 (dalam Pembelajaran Daring)
OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA

Memahami IPA melalui Thinking Empowerement by Questioning (PBMP) dengan Mengembangkan Kemampuan Science Literacy

Sediakan
Perhatikan gambar berikut untuk memudahkan pengamatan diri sendiri. Lakukan di depan cermin

Lakukan
Mengamati diri sendiri
1. Lakukan pengamatan menggunakan cermin! Amati sebanyak mungkin ciri-cirimu yang bisa
    diamati!
3. Tuliskan hasil pengamatanmu.
Ingat, hanya hasil pengamatan, bukan tafsiran terhadap pengamatan!

Hasil pengamatan
Tulis minimal lima item hasil pengamatanmu ( … Jawab sebagai no.1)

Renungkan
  1. Tulis hasil pengamatan yang bisa diukur dengan alat ukur ( … Jawab sebagai No. 2)
  2. Tulis hasil pengamatan yang tidak bisa diukur dengan alat ukur ( … Jawab sebagai No. 3)
  3. Apakah ada yang bisa memengaruhi hasil pengamatan tersebut? ( … Jawab sebagai No. 4)
 Pikirkan
  1. Pada pengukuran menggunakan penggaris ada dua satuan pada semua alat tersebut, satuan apa yang kalian gunakan? ( … Jawab sebagai no.5)
  2. Beri alasan mengapa kamu menggunakan satuan tersebut. ( … Jawab sebagai no.6)
  3. Tulis lima alat ukur dan satuannya yang pernah kalian kenal di masa Sekolah Dasar ( … Jawab sebagai no.7)
 Evaluasi melalui Science Literacy
 
Stimulus
Kerja dalam IPA
  1. Potong kertas kertas tisu dengan ukuran 4 cm x 12 cm!
  2. Gambarkan atau beri garis dengan spidol (atau pena) hitam 2  cm dari ujung bawah kertas tisu tersebut!
  1. Ambil gelas bekas air mineral, isi dengan air setinggi 1 cm!
  1. Celupkan kertas tissue ke dalam air. Permukaan air 1 cm di bawah garis spidol
  2. Amati selama 10 menit
  3. Catat hasil pengamatanmu ( … Jawab sebagai no.8)
Pertanyaan
  1. Sebelum melakukan kegiatan, buatlah prediksi: apa yang akan terjadi pada garis hitam tersebut, setelah kertas tisu dicelupkan beberapa saat ke dalam air? ( … Jawab sebagai no.9)
  2. Jika prediksimu berbeda dengan kenyataannya, apakah akan diubah sesuai hasil pengamatanmu? Mengapa? ( … Jawab sebagai no.10)

Evaluasi melalui Science Literacy
Stimulus
Kerja dalam IPA
 








 Siapkan kertas berpetak atau kertas milimeter, penjepit, dan pensil.
  1. Perhatikan gambar di atas.
  2. Pikirkan bagaimana cara menentukan luas daun.
  3. Dengan menggunakan benda-benda di atas, terapkan metodemu untuk menentukan luas daun.
Pertanyaan
  1. Dapatkah luas sehelai daun diukur? ( … Jawab sebagai no.11)
  2. Tunjukkan/jelaskan cara yang kamu pilih untuk mengukur luas sehelai daun ( … Jawab sebagai no.12)
  1. Apa kelemahan pengukuran luas daun dengan cara di atas. ( … Jawab sebagai no.13)
  1. Temukan cara lain atau hal-hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki metode pengukuran di atas? ( … Jawab sebagai no.14)
 Arahan
  1. Kegiatan ini idealnya sambil buka Buku siswa IPA kelas 7 semester satu. Bisa dibuka melalui internet bisa juga pinjam perpustakaan SMPN 3 Probolinggo.
  2. Kalian bias minto tolong atau diskusi dengan anggota keuargamu. Ayah, ibu, kakak atau temanmu yang main ke rumah.
  3. Ingat tetap pakai masker, sering cuci tangan dan jaga jarak.


God Bless You

Tidak ada komentar:

Posting Komentar